Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Artikel: Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Pengertian Pasar
Pasar adalah hubungan keseluruhan dari permintaan dengan penawaran terhadap barang atau jasa.
Syarat-syarat terjadinya pasar adalah:
1.   Adanya pembeli
2.   Adanya penjual
3.   Tersedianya barang yang diperjualbelikan
4.   Terjadinya kesepakatan antara penjual dan pembeli


Fungsi Pasar
1.   Fungsi distribusi
      Pasar sebagai alat distribusi berfungsi mendekatkan jarak antara konsumen dengan produsen
      dalam melakukan transaksi, dimana konsumen mudah mendapatkan barang yang dibutuhkan, dan
      produsen mudah menjual hasil produksinya
2.   Fungsi pembentukan harga
      Pasar dapat menentukan harga kesepakatan antara penjual dan pembeli melalui proses tawar
      menawar
3.   Fungsi promosi
      Pasar dapat dijadikan tempat sarana promosi secara luas kepada masyarakat atas barang hasil
      produksi, melalui spanduk, memasang iklan di media cetak dan elektronik, dan sebagainya 


Jenis-Jenis Pasar
Pasar yang ada dalam masyarakat dibedakan:
1.   Menurut sifat/wujud barang dan cara penyerahan
      a.   Pasar kongrit/Nyata
            adalah pasar dimana barang yang diperalbelikan benar-benar ada dan penjual dengan pembeli
            bertemu secara langsung. Contohnya, pedagang kaki lima, toko, warung, pasar tradisional.
            Dalam pasar kongrit, transaksi dilakukan secara tunai dan barang dapat langsung dibawa
            (cash and carry)
            Ciri-ciri pasar kongrit:
            1)   barang yang diperjualbelikan benar-benar ada
            2)   penjual dan pembeli bertemu secara langsung
            3)   transaksi dilakukan secara tunai
            4)   barang dapat dibawa/diambil pada saat itu juga

      b.   Pasar abstrak/Tidak nyata
            adalah pasar pasar yang memperjualbelikan barang-barang yang secara fisik tidak terlihat dan
            hanya berupa contoh-contoh yang kualitasnya standar.
            Ciri-ciri pasar abstrak:
            1)   barang yang diperjualbelikan tidak tersedia (hanya contoh)
            2)   transaksi dilakukan dalam partai besar
            3)   penjual dan pembeli berada di tempat yang berbeda dan berjauhan jaraknya
            4)   transaksi dilandasi oleh rasa saling percaya

2.   Menurut luas wilayah kegiatan distribusi
      a.   Pasar setempat/lokal
            adalah pasar yang daerah pemasarannya hanya meliputi daerah tertentu. Umumnya pasar ini
            hanya menawarkan barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat di sekitarnya. Oleh
            karena itu, barang yang ditawarkan dipengaruhi oleh selera dan msyarakat setempat.
      b.   Pasar nasional
            adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi wilayah satu negara atau bangsa tetentu.
            produk yang dijual hanya barang-barang yang dibutuhkan oleh masyarakat negara atau bangsa
            tersebut
      c.   Pasar regional
            adalah pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara pada suatu wilayah tertentu
            . Pasar regional biasanya diwadahi oleh kelompok negara-negara wilayah tertentu, seperti
            ASEAN dan Uni Eropa.
      d.   Pasar internasional adalah pasar yang wilayah pemasarannya mencakup seluruh kawasan di
            dunia. Komoditi yang dijuallpun merupakan produk-produk dibutuhkan semua masyarakat
            dunia. Contoh: pasar wol di Sydney, pasar kopi di santos Brazil

3.   Menurut jenisa barang yang diperjualbelikan
      a.   Pasar barang konsumsi
            adalah pasar yang menjual barang-barang yang secara langsung dapat dikonsumsi.
            Contoh: pasar sayur mayur, pasar tekstil, pasar barang plastik
      b.   Pasar barang produksi
            adalah pasar yang menjual faktor-faktor produksi.
            Contoh pasar tenaga kerja, pasar modal, pasar mesin industri, pasar bibit tanaman

4.   Menurut struktur/organisasinya
      a.   Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)
            adalah pasar diman terdapat banyak penjual dan banyak pembeli untuk memperdagangkan
            barang yang homogen/sejenis.
            Ciri-ciri:
            1)   Jumlah penjual dan pembeli sangat banyak
            2)   Barang yang dijual bersifat homogen
            3)   Terdapat kebebasan keluar masuk pasar, baik bagi pembeli maupun penjual
            4)   Ada mobilitas barang, sehingga pembeli dapat memperoleh barang dalam jumlah
                  berapapun
            5)   Penjual dan pembeli memahami keadaan pasar yang sebenarnya.

      b.   Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market)
            adalah pasar dimana syarat-syarat pasar persaingan sempurna tidak terpenuhi.
            Macam-macam pasar persaingan tidak sempurna:
            1)   Pasar monopoli
                  Pasar dimana penjualnya hanya satu pihak, pembeli banyak
            2)   Pasar duopoli
                  Pasar dimana terdapat dua pihak penjual, pembeli banyak
            3)   Pasar oligopoli
                   Pasar yang mana didalamnya terdapat beberapa penjual, pembeli banyak
            4)   Pasar monpsoni
                  Pasar didalamnya terdapat seorang pembeli saja, penjual banyak
            5)   Pasar duopsoni
                  Pasar didalamnya terdapat dua pihak pembeli, penjual banyak
            6)   Pasar oligopsoni
                  Pasar didalamnya terdapat beberapa pihak pembeli, penjual banyak
            7)   Pasar persaingan monopolistis
                  Pasar terdapat banyak penjual dalam suatu jenis barang tertentu, tetapi tiap penjual
                  mempuyai ciri barang yang berbeda (diferensi produk) sehingga dengan perbedaan ini
                  penjual dapat menentukan harga sendiri

5.   Menurut waktunya
      a.   Pasar harian
            adalah pasar yang diselenggarakan setiap hari, biasanya menjual barang kebutuhan pokok
            sehari-hari. Contoh: pasar induk kramatjati Jakarta, pasar beringharjo Yogyakarta
      b.   Pasar mingguan
            adalah pasar yang diselenggarakan hanya satu hari dalam satu minggu/pekan. Pasar ini dapat
            ditemukan di daerah yang jarang penduduknya, sehingga penjual berpindah-pindah dari satu
            desa ke desa lain. Contoh: Pasar Senin, Pasar Kliwon, Pasar Wage
      c.   Pasar bulanan
            adalah pasar yang diselenggarakan setiap bulan sekali. Pasar ini dapat ditemukan di kawasan
            dekat pabrik, dimana saat karyawan pabrik menerima gaji bulanan. Barang yang diperdagang
            kan berupa produk-produk tertentu, misalnya hasil industri dan  hasil seni
      d.   Pasar tahunan
            adalah pasar yang diselenggarakan setahun sekali.Pasar ini bersifat nasonal bahkan internasio
            nal. Oleh karena itu, dalam penyelenggaraannya dijadikan ajang promosi dan pameran produk
            -produk tertentu atau terbaru. Contoh: Pekan Raya Jakarta (PRJ), Sekaten Yogyakarta
      e.   Pasar Temporer
            Adalah pasar yang terjadi pada waktu tidak tertentu. Contoh: Bazar


Kedudukan Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi  
Pasar memiliki hubungan yang sangat erat dengan kegiatan ekonomi, khusunya distribusi, dimana
pasar merupakan sarana yang paling tepat untuk kegiatan distribusi. Hal ini sesuai dengan fungsi dari
pasar itu sendiri, yaitu:
1.   sebagai sarana untuk menyalurakan hasil produksi dari produsen kepada konsumen
2.   sebagai tempat yang paling strategis untuk memperkenalkan barang-barang hasil produksi kepada
      konsumen
3.   sebagai sarana terjadinya interaksi antara penjual dengan pembeli dalam melakukan jual-beli


Penelitian Sedrhana Tentang Pasar 
Tujuan penelitian adalah untuk memecahkan permasalahan yang sedang terjadi di masyarakat atau
ingin membuktikan suatu permasalahan yang sedang berkembang di masyarakat. Oleh karena itu, penelitian yang baik bila menghasilkan sebuah kesimpulan yang bermanfaat bagi semua pihak yang ada hubungannya dengan objek penelitian. Agar supaya hasil penelitian bermanfaat, maka harus disebarluaskan kepada pihak-pihak terkait melalui antara lain media cetak, media elektronik, diskusi/simposium, dan disosialisasikan kepada masyarakat.

Tahap-tahap penelitian adalah:
1.   Persiapan
      a.   tetapkan masalah
      b.   tetapkan tujuan penelitian
      c.   siapkan alat penelitian
2.   Pelaksanaan
      a.   pengumpulan data
      b.   mengolah data hasil penelitian
3.   Penyusunan Laporan Hasil Penelitian
      Format laporan:
      a.   pendahuluan
      b.   pengolahan data hasil penelitian
      c.   kesimpulan
      d.   penutup

Penelitian pasar dapat mengambil masalah:
1.   Tingkah laku pedagang pasar
2.   Bagaimana penjual dengan pembeli melakukan interaksi dalam menentukan harga
3.   Jenis dan bentuk barang apa saja yang paling laku di pasar
4.   dan sebagainya


Artikel: Bentuk Pasar Dalam Kegiatan Ekonomi Masyarakat 
         
       

  

Comments

Popular

5 Tenses Yang Sering Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Memu Couldn't Sign in Google

Pengertian Komunikasi Data dan Arus Lalu Lintas Data

Berbagi Pengalaman Dari Awal Ngeblog Sampai Diterima Adsense

Kreativitas Dalam Kehidupan Ekonomi

Cara Memasang Iklan Adsense di Awal, Tengah, dan Akhir Postingan Artikel Blog

Cara Memunculkan Icon Baterai Yang Hilang Pada Laptop

Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya

Cara Saya Mendapatkan Traffic Pengunjung Blog Banyak Setiap Hari

Pengertian Protokol Jaringan dan Macam-Macam Protokol