Cara Agar Blog Mendapat Banyak Pengunjung dan Terindeks Google

Blog adalah sarana untuk berbagi, tentang pengalaman dan lainnya. Bahkan semakin hari, banyak orang kreatif bermunculan dengan memanfaatkan blog untuk menawarkan sebuah produk. Tapi, tahukah kamu? hingga saat ini masih banyak orang yang bingung bagaimana cara agar blog mendapat banyak pengunjung dan terindeks google. Disini saya akan berbagi sedikit tips berdasarkan apa yang sudah saya alami. Berikut adalah beberapa cara yang sudah saya coba dan ternyata berhasil.

  • Media Sosial. Siapa sih yang tidak tahu media sosial, media sosial adalah sebuah wadah untuk berbagi dan tetap terhubung antara satu dengan yang lainya. Dengan media sosial kita bisa menemukan teman baru bahkan bisa juga untuk mencari sebuah informasi. Saat ini media sosial banyak digunakan untuk bisnis, dengan penggunanya yang terus meningkat tentu menjadi peluang untuk mengenalkan suatu produk. Contohnya ketika kita membuat sebuah artikel dengan target mendapat pengunjung, ketika kita memberitahu para pengguna media sosial bahwa kita telah memposting artikel baru, pastinya artikel yang kita buat akan memiliki traffict dengan sumber media sosial selain dari pencarian google (organic). Semakin populer kita di media sosial semakin baik untuk mempromosikan suatu produk. disini artikel adalah produknya.
  • Iklan. Iklan merupakan suatu sarana untuk memperkenalkan suatu produk kepada orang-orang. Dengan beriklan tentu saja kita akan terlihat lebih serius dan meyakinkan. Ada pepatah mengatakan "jika ingin mendapatkan ikan besar sudah pasti menggunakan umpan yang besar", dari kata pepatah tersebut seharusnya kita mengerti bahwa jika kita ingin mendapatkan hasil yang besar sudah pasti dengan pengorbanan (umpan) yang besar juga. Jasa periklanan semakin menjadi, karena mereka juga beriklan untuk menawarkan produk yaitu jasa periklnanan. Banyak pilihan yang bisa kita coba, misalnya ketika kita menggunakan instagram sebagai tempat berbagi berarti gunakanlah jasa periklanan dari instagram. kenapa tidak menggunakan jasa periklanan yang lain? . saya coba jelasakan, sederhananya fokus satu dulu jangan ngacak. Anggap saja kita mendapatkan misi untuk membuat instagram kita populer, caranya dengan rajin posting artikel diblog dan bagikan ke instagram setelah itu kita promosikan instagram dengan beriklan supaya lebih populer. Semakin populer intagram kita semakin besar juga peluang website kita mendapat banyak pengunjung dari instagram.
  •  Aplikasi perpesanan (messenger). Merupakan aplikasi yang berfokus kepada kemudahan komunikasi dengan sederhana (hampir mirip seperti sms). Saya sendiri disini menggunakan Whatsapp bisnis, alasanya karena kita bisa mencantumkan email, alamat web, dan alamat rumah. Cara kerjanya cukup sederhana, bagikanlah postingan dengan whatsapp kepada teman atau keluarga, tpi ingat jangan menyebar berita hoax. Jangan terlalu sering juga karena nanti bisa mengganggu.
  • Google webmaster tool. Merupakan alat bawaan google yang beguna untuk mengindeks suatu web. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengindeks blog kita. Caranya cukup sederhana yaitu dengan cara daftarkan blog kita lalu verifikasi sebagai bukti kepemilikan. Setelah daftar sebagai contohnya kita bisa mengcopy alamat url artikel ke google webmaster tool untuk pengindeksan.
  • Google Analytics. Berfungsi untuk menyajikan data traffic blog. Kita bisa memantau arus pengunjung mulai dari durasi dan asal traffic secara akurat. Berbeda dengan alat pemantau bawaan blogger, karena bawaan blogger merekam segala bentuk kunjungan termasuk kunjungan kita sendiri. Contoh kecil ketika pertama kali membuat blog baru dan memposting sebuah artikel dan kaget karena melihat pageviewnya langsung ada, padahal data yang disajikan adalah data kunjungannya ke artikelnya sendiri dan bukan kunjungan orang lain, saya sendiri pernah mengalaminya ketika pertama kali membuat blog. Setelah mengetahui semua itu saya putuskan untuk memantau di google analytic saja supaya tidak GeEr.
  • Youtube. Sekarang berbagi informasi melalui video sedang populer, jangan heran banyak youtuber baru bermunculan. Disini seharusnya kita bisa melihat peluang, bahwa para pengguna internet mencari informasi kalau tidak dalam bentuk teks (blog) pasti dalam bentuk video. Pernahkah berfikir untuk mengkolaborasikan keduanya?. Misalnya ketika membuat artikel tentang masak air hingga matang dan membuat dalam bentuk video juga, para pengunjung akan mendapatkan pilihan membaca atau menonton. Sederhananya, ketika youtube kita populer secara otomatis blog/web juga akan ikut populer begitupun sebaliknya. Sebenarnya bukan rahasia umum, hampir seluruh perusaan yang ada memperkenalkan produknya dalam bentuk video maupun teks. 
  • Google Bisnis. Berguna untuk memperkenalkan bisnis kita mencakup, nama usaha, produk, alamat tempat, alamat web, dan kontak secara global. Dalam fasilitas google bisnis kita bisa memanfaatkan jasa periklanan yaitu google ads. Kita bisa mengiklankan website kita dengan kata kunci tertentu. Misal jika website kita menjual sepeda, kita bisa menggunakan kata kunci yang berhubungan dengan sepeda. Sederhananya, pengguna internet yang ingin mencari informasi tentang sepeda secara otomatis blog/web yang kita iklankan akan tampil di halaman pertama. Kok bisa? karena kata kunci yang kita gunakan juga digunakan oleh para pengguna internet.
  • Artikel Berkualitas. Maksudnya adalah sebuah artikel yang dibuat sesuai dengan pengalaman, pemikiran, kemampuan sendiri dan orisinil. Buatlah artikel yang bisa menjadi referensi atau pemecah masalah. Jangan membuat artikel dengan tema yang tidak sesuai dengan kemampuan kita, misalnya kita menguasai tentang tataboga tapi kita memaksakan diri untuk membuat artikel tentang otomotif dengan alasan peminatnya banyak. Para pembaca tahu apa yang mereka butuhkan dan bisa membedakan mana artikel berbobot dan artikel karena keterpaksaan. Jadi yakinlah dengan apa yang kamu kuasai/minati supaya merasa nyaman.
  • Karakter / Cirikhas. Setiap orang memilik cirikhasnya masing-masing. Begitupun dengan tulisan, setiap artikel dengan judul yang sama akan memiliki rasa yang berbeda jika penulisnya berbeda. Meniru cirikhas orang yang sudah pupuler hanya akan membuatmu terlihat konyol. Jadilah diri sendiri dan buatlah sesuatu dengan sentuhan cirikhas yang kuat, kelak hasil karyamu akan berkesan bagi orang yang melihatnya.
  • Public Relation. Setiap produk memerlukan yang namanya public relation termasuk web / blog . Buatlah produk yang dimiliki bernilai positif dan dengan respon positif juga. Ketika penilaian orang terhadap web / blog kita baik maka disitulah trust (kepercayaan) muncul. Ketika kepercayaan muncul maka kita tidak perlu susah payah cari pengunjung, pengunjung akan datang dengan sendirinya (pengunjung tetap). Cara sederhana kita hisa bergabung dengan komunitas, atau bisa juga membuat kominitas, atau buatlah artikel sesuai dengan saran saya sebelumnya. Buatlah hal-hal postif supaya image dan rating naik. Saya lebih suka menyebutnya marketing secara halus hehe.
  •  Target Pasar. Blog/Web adalah produk kita, carilah target pasar  yang akan kita tuju. Para blogger biasa menyebutnya nice. Jika targetnya pecinta gadget buatlah artikel tentang gadget, tapi jangan lupakan saran saya diatas tentang artikel berkualitas dan cirikhas hehe.

Intinya setiap orang memiliki cara tersendiri, saran dari seseorang belum tentu cocok untuk diterapkan, tapi tidak ada yang salah dengan menjadikan saran orang lain sebagai referensi. Itulah cara agar blog mendapat banyak pengunjung dan terindeks google versi saya. Semoga bermanfaat, dan terimakasih atas kunjungannya.

Comments

Post a Comment

Popular

5 Tenses Yang Sering Digunakan Dalam Bahasa Inggris

Cara Mengatasi Memu Couldn't Sign in Google

Pengertian Komunikasi Data dan Arus Lalu Lintas Data

Berbagi Pengalaman Dari Awal Ngeblog Sampai Diterima Adsense

Kreativitas Dalam Kehidupan Ekonomi

Cara Memasang Iklan Adsense di Awal, Tengah, dan Akhir Postingan Artikel Blog

Cara Memunculkan Icon Baterai Yang Hilang Pada Laptop

Kebutuhan Manusia dan Kelangkaan Sumber Daya

Pengertian Protokol Jaringan dan Macam-Macam Protokol

Cara Saya Mendapatkan Traffic Pengunjung Blog Banyak Setiap Hari